Nurhayati, S. Pd

Dilahirkan pada tanggal 01 Januari 1980 di Bengkalis. Anak ke tujuh dari pasangan Ibrahim (Alm) dan Zaurah. Menamatkan sekolah SD di SDN 3 Selatpanjang kecamata...

Selengkapnya
Kuliner Nge Top di Batam
Mie Lendir

Kuliner Nge Top di Batam

Batam terletak di Provinsi Kepulauan Riau bertetangga dengan negara Singapura dan negara Malaysia. Kota Batam memberikan daya tarik dan unik tersendiri. Batam juga merupakan kota industri namun seiring berjalannya waktu bertambah menjadi kota wisata selain kota industri. ini ditunjukkan dengan berdatangannya para wisatawan baik dari lokal maupun wisatawan asing.

Selain banyaknya tempat-tempat yang nyaman dikunjungi seperti pesona alam dengan pantainya bisa kita nikmati dan tempat bersantai. selain itu, makanan juga banyak yang khas untuk disantap. Jika anda belum pernah atau sudah ke batam, tempat kuliner nge top ini perlu anda kunjungi. sebagai rekomendasi :

1. Luti Gendang

Luti gendang merupakan makanan atau cemilan khas daerah Tarempa Kabupaten Anambas Provinsi Kepulauan Riau. Teksturnya yang renyah dengan isi dalamnya berupa abon ikan tongkol dengan rempah-rempah melayu Tarempa. cocok disantap saat bersantai dengan secangkir kopi atau teh. Luti gendang ini sangat pas dijadikan oleh-oleh. bisa dipesan setengah masak dan tahan selama dua minggu, dan bisa juga langsung yang telah masak full di beli. Jadi bisa digoreng ulang saat kembali ke daerah asal masing-masing. Alamatnya di Sei Panas dan Batam Center.

2. Mie Lendir

Mie Lendir bisa kita peroleh di kedai Kopi harum manis di nagoya. Tekstur kuahnya yang berlendir dikarenakan adanya campuran bahan dari tepung kanji dengan rempah yang khas. Mie Lendir ini berasal dari Tanjung Pinang.

3. Mie Tarempa

Mie Tarempa juga merupakan makanan khas dari daerah Tarempa Kabupaten Anambas Provinsi Kepualauan Riau. khasnya adalah mie nya dibuat sendiri, sehingga kita tidak akan menemukan di pasar tradisional. Jika kita memesan, ada tiga jenis mie yaitu mie jenis kering, mie jenis lembab dan mie jenis basah. Olahannya sama, yang berbeda adalah isinya ada yang di campur ikan, tauge, telur bahkan daging. Alamat bisa kita dapatkan di tempat jualan luti gendang.

4. Gonggong

Ketika mendengar kata Gonggong, mungkin ada yang membayangkan hewan berkaki empat tapi ini bukan. Gonggong merupakan hewan laut, sekilas mirip keong atau siput berukuran sedang yang panjangnya dapat mencapai 7 cm. Nama ilmiah dari Gonggong adalah Strombus canurium. Gonggong bercangkang tebal warna putih kekuningan. Selain rasanya lezat, santapan laut ini memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Gonggong juga merupakan makanan khas di Kepulauan Riau. Bisa diperoleh dari restoran-restoran sea food yang ada di Batam. Mengolah gonggong juga cukup sederhana dengan cara merebusatau menumis dengan campuran bumbu-bumbu khusus setelah dicuci bersih karena di dalam cangkang gonggong sangat banyak terdapat lumpur serta pasir. Selain itu gonggong juga bisa dibuat kerupuk gonggong , Pais gonggong. sedangkan cangkangnya bisa dibuat kerajinan yang mampu menghasilkan rupiah yang lumayan. Cangkangnya bisa dijadikan bunga, tempat tisu, bross baju, hiasan dinding dan lain-lain. Perlu diingat! Meski dagungnya lembutdan kakinya tajam dan bergerigi, jangan dimakan yaa...

5. Otak-otak

Otak-otak di Batam memiliki citarasa yang khas. Berbeda dengan daerah lain, otak-otak dimakan dengan bumbu kacang. Di Batam, otak-otak diolah dengan bumbu khas dan siap disantap, namun bungkusannya terdiri dari daun kelapa, jangan dimakan yaa.. disajikan dengan variasi yang pedas dan tidak. ada juga otak-otak yang berasal dari ikan, cumi atau campuran keduanya antara ikan dan cumi. Memang menggugah selera. belum pernah memakannya, ayoo sampai di Batam bisa diperoleh di Otak-otak Mama di seputaran Batam Center dan Penuin.

6. Sop Ikan Batam

Salah satu menu favorit yang dicari oleh wisatawan adalah sop ikan dan wajib didicicipi. Sop ikan segar ini dengan kandungan protein yang tinggi memiliki kuah bening dengan campuran sayur sawi segar dan sawi asin. Biasanya menggunakan ikan kakap putih. Sop ikan ini lebih nikmat disantap ketika perut sedanglapar ditambah dengan seporsi nasi putih.

7. Bingka Bakar

Makanan berupa kue ini paling cocok dijadikan oleh-oleh dari Batam. Bingka bakar terbuat dari bahas dasar tepung terigu, gula pasir, telur dan santan serta daun pandan sebagai pewarna. Seiring berjalannya waktu muncul variasi-variasi rasa coklat, keju, wijen, strowberry. Dan kue ini bisa didapatkan di toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Batam atau pusat perbelanjaan.

8. Kek Pisang Villa

Selain Bingka bakar, kek pisang villa masih banyak diminatimoleh wisatawan. Khas dari kek ini adalah buah pisangnya sebagai bahan utamanya. kemudian memiliki variasi yang berbeda-beda seperti toppingnya bisa keju, coklat, kacang. Diperoleh di toko-toko kue Kek Pisang Villa.

9. Teh Tarik

Teh tarik adalah minuman manis campuran teh dengan susu. sering dijumpai minuman khas ini di Kepulauan Riau seperti Batam, Tanjung Pinang dan Tanjung Balai Karimun. Namanya unik, Teh tarik. Jika kita lihat cara pembuatannya memang teh itu ditarik dan disatukan kembali dari dua gelas yang berbeda. Kemudian menghasilkan busa dan dicampurkan es batu, siap diminum...

10. Teh Obeng

Untuk daerah Batam dan sekitaran Kepri, nama minuman teh obeng sangatlah populer. Bisa diperoleh di Rumah makan atau tempat makan lainnya. Untuk diketahui minuman teh obeng, nbukanlah segelas teh dicampur dengan obeng melainkan es teh manis atau teh manis dingin atau dicampur es.

Segeralah mencicipi kuliner top yang berada di Batam, selamat menikmati...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Yang bisa COD nomer berapa ,Bun? OK lho

13 Aug
Balas

No. 1, 5, 7 pak...

13 Aug

Wow kulinernya menggugah selera, mie nya bun bikin ngeces aja. Salam kenal salam literasi, sukses selalu ya bun.

14 Aug
Balas

Ya bunda rita.. Salam kenal kembali. Sama sama sukses y bunda... Dalam menggiatkan literasi di negeri ini

15 Aug

Ya bunda rita.. Salam kenal kembali. Sama sama sukses y bunda... Dalam menggiatkan literasi di negeri ini

15 Aug

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali